Penggunaan Lagu “I See the Light” untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris di MTS Terpadu Berkah Palangka Raya dalam Program Pengabdian Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.62951/panggungkebaikan.v1i4.772Keywords:
Vocabulary, English language, SongAbstract
The purpose of this community service activity is to enhance the English vocabulary mastery of students in class IX.A at MTs Terpadu Berkah Palangka Raya through the implementation of the "I See the Light" song-based learning method. The learning process was carried out in three stages: first, students listened to the song without the translation; second, students listened to the same song with lyrics and translation; and third, students participated in a vocabulary quiz to assess their understanding of the new vocabulary they had learned. Observations during the activity showed that students were more actively engaged and enthusiastic in the learning process and discussions. Based on these findings, it can be concluded that using songs as a learning medium has a positive impact on improving students' English vocabulary mastery in a fun and interactive way. However, there were some challenges related to the unclear volume of the song and the instability of the power supply. Therefore, the recommendation for future research is to ensure clear audio and stable power supply to support the effective implementation of the activities.
References
Aprianti, I., Kurniawan, E. Y., Sumadiningrat, E., & Muhammadiyah, U. (2022). Pemanfaatan penggunaan media lagu pada pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Kampung Besar II Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12113–12122.
Atikoh Zulfa, R. A., & Utami, H. T. (2022). Upaya peningkatan pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu dan permainan edukatif pada siswa SD Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 3(1), 51. https://doi.org/10.24014/jete.v3i1.14512
Enda, R. R. H., Makaborang, Y., Lunga, D. R., Inda, H. H., & Hana, A. S. T. (2023). Pendampingan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan lagu untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris di SMP Wainggai. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/JPMD/article/view/485
Farhansyah, M., Mutmainah, M., & Anggraini, F. (2023). Analisis penggunaan lagu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.69693/ijim.v1i1.2
Kara, Y. M. D. K., Sama, G., Ningsih, N., Separ, F. M., Sulaiman, S. R., De Flores, M. P., & Lima, P. R. L. (2024). Penggunaan metode lagu dan permainan untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris pada bimbingan belajar Amora Luz. Madaniya, 5(2), 702–710. https://doi.org/10.53696/27214834.787
Mahayana, I. M. A., Muliawan, M. S. D., & Yawamati, N. K. S. (2022). Pengajaran kosakata bahasa Inggris kepada siswa SD 1 Ubud melalui permainan dan lagu. Community Services Journal (CSJ), 4(2), 180–186.
Maisarah, F. (2023). Pembelajaran seni musik dan lirik lagu dalam upaya peningkatan vocabulary berbahasa Inggris. Jurnal Sitakara, 8(2), 232–240. https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i2.12848
Meiske, E., Lasut, M., & Assa, A. M. (2024). Penggunaan lirik lagu berbahasa Inggris dalam peningkatan kemampuan berbahasa siswa. SUMIKOLAH: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2, 56–65.
Pohan, S., Irmayana, A., Husainah, N., & Saputra, F. B. (2022). Memperkenalkan vocabulary melalui lagu pada anak SD. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 304–308. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam
Puji Hariati, N. (2022). Penggunaan media lagu dalam peningkatan kosa kata. Abdimas Mandiri – Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 11–15.
Putri, A., & Sya, M. F. (2023). Tantangan berbicara bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Jurnal Karimah Tauhid, 2(2), 215–220.
Putri, D. A., Yolanda, F. W., Citra, H., & Nur, P. E. (2024). Pengaruh penggunaan lagu anak-anak terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 1 SD. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(3), 144–157.
Riani, D., Afrianto, Y., Hasnin, H. R., & Kurnia, A. D. (2023). Sosialisasi dan edukasi pentingnya belajar bahasa Inggris di era globalisasi untuk siswa MTs Fitra Mulia di Desa Nambo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 7(1), 100. https://doi.org/10.36841/integritas.v7i1.2630
Rofi’i, A. (2023). Kesulitan berbicara siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1895–1904. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6851
Sari, I., & Ayu, F. (2021). Pemanfaatan media lagu dalam peningkatan kosa kata bahasa Inggris. Abdimas Mandiri ‐ Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–20.
Sembiring, R. A., Manik, S., Sinambela, E., Pasaribu, T. K., Pangaribuan, R. E., & Pasaribu, A. N. (2023). Peningkatan kosakata bahasa Inggris melalui lagu natal untuk generasi muda di desa Parbubu. Community Development Journal, 4(1), 253–257.
Simatupang, G. E., Sinambela, R., Putri, A. O., Anggraini, D. F., Purba, T. M., Herman, H., Saragih, S. T., Hasibuan, R., & Siahaan, S. H. (2023). Meningkatkan kosakata bahasa Inggris melalui lagu bahasa Inggris di kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru’-Beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16–25. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/jipm/article/view/2745
Sucandra, Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). Analisis kesulitan penguasaan kosakata pembelajaran muatan lokal bahasa Inggris pada siswa kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664
Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70
Zahari, E. K., & Ririn Putri Ananda. (2024). Pemanfaatan media lagu bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan vocabulary siswa di SDN 69 Bengkulu Tengah. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 832–841. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1842
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Panggung Kebaikan : Jurnal Pengabdian Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.